Pendekatan-pendekatan yang dilakukan dalam perencanaan pendidikan yaitu:

a.      Pendekatan Kebutuhan Sosial (Social Demand Approach )

Pendekatan ini lebih menekankan pada pemerataan kesempatan atau kuantitatif dibandingkan dengan aspek kualitatif. Pendekatan kebutuhan social ini adalah pendekatan tradisional bagi pembangunan pendidikan dengan menyediakan lembaga-lembaga dan fasilitas demi memenuhi tekanan-tekanan untuk memasukkan sekolah serta memungkinkan pemberian kesempatan kepada pemenuhan keinginan-keinginan murid dan orang tuanya secara bebas. Dalam Model Kebutuhan Sosial ini, tugas perencana pendidikan adalah harus menganalisa kebutuhan pada masa yang akan datang dengan menganalisa: (a) pertumbuhan penduduk, (b) partisipasi dalam pendidikan, (c) arus murid, (d) keinginan masyarakat.

b.      Pendekatan Kebutuhan Ketenagakerjaan (Man Power Approach)

Pendekatan ini mengutamakan kepada keterkaiatan lulusan system pendidikan dengan tuntutan terhadap tenaga kerja pada berbagai sector pembangunan dengan tujuan yang akan dicapai adalah bahwa pendidikan itu diperlukan untuk membantu lulusan memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik sehingga tingkat kehidupannya dapat diperbaiki.

c.       Pendekatan Efesiensi Biaya (Cost Benefit)

Pendekatan ini bersifat ekonomi, karena memiliki pandangan pendidikan memerlukan investasi yang besar dan karena itu keuntungan dari investasi tersebut harus dapat diperhitungkan bilamana pendidikan itu memang mempunyai nilai ekonomi. Pendekatan Efesiensi Biaya merupakan penentuan besarnya investasi dalam dunia pendidikan sesuai dengan hasil, keuntungan atau efektivitas yang akan diperoleh.

Pendekatan Efesiensi Biaya mempunyai implikasi sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu program pendidikan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi menempati urutan atau prioritas penting, karena pendekatan untung rugi mempunyai keterkaitan dengan pendekatan ketenagaan.

About winamart

Educational Administration UPI | ♥ NTF • SmartEdu • Aeromodelling • ArsenalFC :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s