What (Apa yang disebut dengan Manajemen?)

Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata. Manajemen adalah suatu kegiatan, pelaksanaannya adalah “managing” –pengelolaan-, sedang pelaksananya disebut manajer atau pengelola.

Menurut G.R Terry, “Manajemen adalah usaha-usaha untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan lebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.” Principles of Management.

Menurut Albert Lepawsky, “Manajemen adalah tenaga atau kekuatan yang memimpin, memberi petunjuk dan membimbing suatu organisasi dalam mencapai suatu tujuan yang ditentukan terlebih dahulu.” Administration: The Art of Organization and Management.

Menurut Jhon D. Millet, “Manajemen adalah proses pembimbingan, pengarahan serta pemberian fasilitas kerja kepada orang-orang yang diorganisir dalam kelompok-kelompok jurnal untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.” Management The Public.

Menurut Dalton E.MC Farland, “Manajemen adalah suatu proses yang mana manajer sebagai mencipta, mengarahkan, memelihara dan melaksanakan tujuan organisasi melalui koordinasi dan kerjasama dari usaha manusia.” Management Farland Foundations and Practices.

Why (Mengapa Manajemen itu penting?)

Manajemen adalah penting untuk semua gerakan berhasilnya kegiatan dari sesuatu organisasi dalam mencapai tujuannya.

Manajemen itu penting dikarenakan :

  • Manajemen merupakan suatu kekuatan yang mempunyai fungsi sebagai alat pemersatu, penggerak dan pengkoordinir faktor alam, tenaga dan modal.
  • Manajemen merupakan suatu sistem kerja yang rasional dalm pencapaian tujuan organisasi, sehingga mengahasilkan efektivitas dan efesiensi kerja serta produktivitas dan kepuasan.
  • Manajemen mempunyai prinsip-prinsip yang universal sehingga dapat dipergunakan dalam setiap usaha kerjasama dengan tidak melepaskan corakgaya, keyakinan serta tujuan hidup dari organisasi yang mempergunakannya.
  • Manajemen merupakan suatu kemampuan/keahlian manusia untuk mengurus suatu kegiatan sehingga dapat mendeteksi, menyesuaikan serta menghadapi perubahan yang terjadi baik perubahan teknologi, persaingan maupun tuntutan perkembangan yang lebih luas.
  • Manajemen akan membawa organisasi kepada kedudukan yang lebih tinggi dan dihargai, karena merupakan salah satu factor produksi masih langka yang diperlukan dalm kehidupan organisasi.
  • Manajemen merupakan suatu profesi untuk dapat menangani dengan tepat kegiatan suatu usaha dengan adanya perusahaan antara kekayaan pribadi dengan milik perusahaan sehingga memerlukan pengaman kelangsungan hidupnya baik itu usaha swasta maupun usaha pemerintah.

Dengan demikian jelaslah bahwa manfaat dan dayaguna manajemen menunjukkan kepentingannya bagi suatu kelompok manusia yang bekerjasama untuk mengejar tujuan yang diinginkan agar tercapai hasil yang efisien dan memuaskan. Jadi, manajemen ini sangat penting, karena di samping bersifat pengetahuanjuga merupakan keahlian dari manajer atau pimpinan dalm memecahkan masalah-masalah organisasi melalui mekanisme sistem yang dapat dipergunakannya.

~  When (Kapan Manajemen itu diperlukan?)

Dalam kehidupan kita yang begitu komplek, pastinya tidak terlepas dengan manajemen. Dengan manajemen suatu individu atau kelompok dapat mencapai tujuan yang efisien dan memuaskan. Jadi, manajemen ini deperlukan ketika suatu individu atau kelompok tersebut mempunyai visi dan misi untuk diwujudkan.

~  How (Bagaimana Manajemen dapat terlaksana?)

Manajemen merupakan suatu bentuk kerja, oleh karena itu manajer dalam melakukan pekerjaannya harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu, yaitu :

  • Planning, menentukan tujusn-tujuan yang hendak dicapai selama satu masa yang akn datang dan apa yang harus diperbuat agar dapat mencapai tujan-tujuan itu.
  • Organizing, mengelompokkan dam menentukan berbagai kegiatan penting dan memberikan kekuasaan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan itu.
  • Staffing, menentukan keperluan-keperluan sumber daya manusia, penegrahan, penyaringan, latihan dan pengembangan tenaga kerja.
  • Motivating, mengarahkan atau menyalurkan perilaku manusia kearah tujuan-tujuan.
  • Controlling, mengukur pelaksanaan dengan tujuan-tujuan menentukan sebab-sebab penyimpangan-penyimpangan dan mengambil tindakan-tindakan korektif dimana perlu.

About winamart

Educational Administration UPI | ♥ NTF • SmartEdu • Aeromodelling • ArsenalFC :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s